Tips merawat dan mencuci sarung yang benar sesuai jenis bahannya

Tips merawat dan mencuci sarung yang benar sesuai jenis bahannya

Sarung merupakan sepotong kain lebar yang dijahit pada kedua ujungnya sehingga berbentuk seperti baju lorong/tabung. Atau kalo dalam pengertian busana internasional, sarung (sarong) berarti sepotong kain lebar yang pemakaiannya dengan cara dibebatkan pada pinggang untuk menutup bagian pinggang ke bawah.

Sarung memiliki beragam motif dan bahan yang bermacam macam yang tentu saja masing masing memiliki cara perawatan dan pencucian yang berlainan pula. Oleh karena itu, penting untuk selalu membaca label pakaian pada sarung untuk memastikan petunjuk perawatannya.

Bagaimana cara mencuci kain sarung atau mencuci sarung yang benar?

tips merawat dan mencuci sarung

Nah... berikut ini cara merawat dan mencuci sarung yang benar sesuai jenis bahannya.

Kain Sarung Rayon

Sebaiknya untuk mencuci sarung bahan rayon adalah dengan metode mencuci tangan sih....hal ini untuk menjaga warna sarung agar tidak cepat pudar.  Namun, jika kamu ingin menggunakan mesin cuci, ikuti langkah berikut:

    Mencuci kain sarung


  1. Masukkan sarung ke dalam mesin cuci dengan cara dibalik bagian luar sarung menjadi bagian dalam.
  2. Gunakan air dingin dengan siklus normal
  3. Setelah selesai, masukkan sarung ke dalam mesin pengering.
  4. Tambahkan pelembut kain dan sedikit air kemudian putar mesin pengering selama 30 menit.
  5. Ambil sarung dari pengering, dan jemur seperti biasa di udara terbuka yang tidak terkena sinar matahari langsung agar warna tetap cemerlang









Kain Sarung Sutra


  1. Sebaiknya cuci sarung sutra Anda dalam air dingin menggunakan metode mencuci tangan.
  2. Jika terdapat noda, segera kucek atau sikat dengan sedikit air sabun yang berformula lembut seperti shampo atau sabun cair.
  3. Jemur sarung dengan cara digantung dan hindarkan dari panas matahari secara langsung. Saat menjemur kain sarung sutra pastikan jangan dijemur langsung dibawah sinar matahari, angin-anginkan saja.


Kain sarung Tenun


  1. Cuci dengan metode mencuci tangan atau hand wash. Jangan menggunakan mesin cuci. 
  2. Mencuci sarung tenun memerlukan air yang cukup banyak. Pastikan ketersediaan air mencukupi. Selain itu, sebaiknya jangan menggunakan detergen yang dapat menyebabkan kerusakan serat kain. Cukup gunakan sabun lembut misalnya sabun cair yang mengandung banyak pelembab.
  3. Rendam Sebentar Saja. Jangan sampai merendam dalam jangka waktu yang terlalu lama. Kamu cuma butuh waktu sebentar untuk mencelup sarung ke dalam air lalu diangkat. Lakukan beberapa kali dengan air dingin.
  4. Jemur di Tempat yang Teduh. setelah dicelup beberapa kali, peras atau angin anginkan sarung tenun di tempat jemuran yang teduh. Area yang tidak terkena sinar mentari secara langsung.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips merawat dan mencuci sarung yang benar sesuai jenis bahannya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel